BAYU NOER SETO

Work Hard, Dream High, Keep Smile and Fighting

Teori Kepribadian Allport

diposting oleh bayu-noer-fib13 pada 09 April 2014
di Etika dan Kepribadian - 0 komentar

1. Teori Kepribadian Allport

Menurut  Allport,  kepribadian  adalah sesuatu  yang unik dan dimiliki  masing-masing pribadi. Ia mengatakan  bahwa manusia   itu  dipengaruhi  oleh  kesadarannya  yang meliputi  3 komponen, yaitu : 

1. Dynamic Organization

Komponen ini menyatakan bahwa kepribadian itu mengalami perkembangan dan perubahan

2. Psychophysical System

Komponen ini menyatakan bahwa kepribadian bukan hanya suatu hal yang tersirat namun kepribadian adalah hal yang nyata dan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan.

3. Determine

Komponen ini menyatakan bahwa kepribadian bukan hanya suatu konsep namun ia dapat mengerjakan sesuatu dan mempengaruhi tingkah laku seseorang.

 

Sturuktur Kepribadian

 

1. Sifat (Trait)

Di dalam kepribadian terdapat sifat dasar yakni : (Nyata, Berkembang, Fleksibel, Empirik dan Kemandirian yang relatif). Nah dari 5 sifat dasar ini, terdapat sifat umum dan sifat khusus yang berkembang pada tiap-tipa sifat dasar.

2. Traits-Habit-Atitud

Dalam struktur ini, dinyatkan bahwa kepribadian dapat dibentuk karena sifat dasar, kebiasaan, sikap dalam menghadapi sesuatu, dan kategori nomotetik

3. Trait dan Konsistensi Pribadi

Stuktur ini mengarah pada praktikum stimulus-respon. dia membagi atas 3 trait didalamnya. yaitu (gregorius=suka berteman);(shyness=pemalu) dan (self esteem=kepercayaan diri).

4. Propium

Naaahh, propium ini adalah struktur yang membahas tentang perkembangan baik itu dalam emosi, kecakapan individu, kemampuan persepsi dan tujuan hidup seseorang. Perkembangannya sama dengan perkembangan sigmund freud, ia membaginya dalam 5 tahap yaitu Oral, Anal, Phalic, Laten dan Genital.

5. Motivasi

Kekuatan dari stuktur notivasi dalam pribadi menurut Gordon allport berbeda dengan yang lain, dimana ia mengatakan bahwa yang paling menunjang dala motivasi ialah kemampuan kognitif dan perencanaan hidup. Dari dua hal itu, ia mampu membentuk motivasi dalam dirinya karena ia telah memiliki kemampuan kognitif dan perencanaan.

6. Otonomi Fungsional

Otonomi fungsional adalah struktur yang membahas tentang keanekaragaman pribadi. Kenapa ada yang suka membaca? Kenapa ada yang suka Melukis? itulah yang disebut dengan keanekaragaman pribadi yang dibagi dalam dua tingkat otonomi yaitu: Kebiasaan dan Minat. Kebiasaan adalah struktur yang terbentuk dari keterikatan lingkungan kita. Misalnya jika kita tinggal di lingkungan yang banyak pemain bola, maka kita akan ikut juga untuk bermain bola, sedangkan Minat adalah stuktur yang terbentuk dari kesadaran akan target yang kita inginkan.

2. Tanggapan thd Teori

sedikit susah untuk memahami penjelasan kepribadian menurut Allport. diperlukan banyak waktu untuk benar-benar memahami maksud dari teori tersebut.

3. Implementasi thd Diri Sendiri

masih perlu waktu untuk memahami teori Allport, saya akan menunggu tambahan penjelasan dari teman-teman yg akan menyampaikan teori ini.

4. Implementasi thd Masyarakat

sama halnya dengan poin ke 3, saya akan menambahkan setelah mendapat penjelasan pada pertemuan besok.

 

sources :

Alwisol. 2004. Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press

http://jumrianiode.wordpress.com/2013/04/15/teori-kepribadian-gordon-w-allport/

http://khalishtalini.blogspot.com/2013/04/teori-kepribadian-allport.html

http://noviapiaviapiyuk.blogspot.com/2013/05/teori-kepribadian-menurut-gordon-allport.html

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :